Perawatan Jalan Kabupaten Pasar kemis - Godobos

Dampak Pembangunan Infrastruktur Jalan

Terhadap Pertumbuhan Usaha Ekonomi Rakyat

Di Jalan Kabupaten Pasar Kemis - Godobos Desa Bongkok

Oleh : Heri Sutisna (Kepala Dusun I)


Pembangunan merupakan suatu upaya terencana yang dilakukan oleh suatu negara sebagai proses perubahan menuju keadaan yang lebih baik. Pembangunan sendiri menjadi indikator perubahan bagi sebuah negara. Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan pembangunan nasional bangsa Indonesia adalah mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. Proses pembangunan terjadi di semua aspek kehidupan masyarakat, ekonomi, sosial, budaya hingga politik. Proses dari sebuah pembangunan biasanya akan menimbulkan perubahan dan juga memiliki dampak positif maupun negatif bagi kehidupan masyarakat. Dampak positif dapat terlihat saat kebutuhan manusia menjadi tercukupi karena pembangunan tersebut. Selain itu dampak negatifnya pun dapat dilihat dari mulai menurunnya kualitas lingkungan yang diakibatkan oleh adanya pembangunan yang tidak berkelanjutan serta tidak ramah lingkungan. Meskipun demikian pembangunan harus tetap dilakukan guna kemajuan suatu negara tetapi pembangunan yang dilakukan di suatu daerah juga harus memperhatikan lingkungan agar terjadi keseimbangan dan keserasian di muka bumi.

Doc. Kadus I (Depan Pangkalan Ojeg)

 

Pembangunan yang terjadi tidak hanya pada industri pabrik saja namun perbaikan dan pembuatan infrastrukur jalan juga dapat dikatakan sebagai sebuah pembangunan karena akses jalan diperlukan untuk melakukan mobilitas dari satu tempat ke tempat lain guna kepentingan masyarakat daerah yang berada di sekitarnya. Pertumbuhan ekonomi nasional yang terus meningkat harus diikuti dengan penyediaan infrastruktur jalan. Jalan menjadi penting keberadaannya karena jalan yang memiliki penerangan yang baik dan akses yang mudah dijangkau akan membuat masyarakat menjadi lebih mudah untuk melakukan segala aktivitas perpindahan terutama untuk arus pertukaran ekonomi dari satu tempat ke tempat lain. Pengertian infrastruktur sendiri merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan fasilitas umum dan menjadi kepentingan bersama yang disediakan oleh pemerintah pusat maupun daerah dan bertujuan untuk menunjang aktivitas ekonomi maupun sosial masyarakat menjadi lebih baik.

 

                                                                                                                                                                                                                           Doc. Kadus I (Depan Ujang Sukmara)

 

Sumedang merupakan salah satu Kabupaten di provinsi Jawa Barat yang memiliki berbagai potensi yang baik khususnya di bidang ekonomi. Oleh karena itu Sumedang selalu mengalami perkembangan di setiap tahunnya untuk menuju kota yang lebih baik. Di Sumedang sendiri terdapat berbagai macam mata pencaharian dengan mata pencaharian utama masyarakatnya adalah di bidang pertanian dan disusul oleh sektor industri yang mulai berkembang dengan pesat. Tumbuhnya perekonomian di kota Sumedang dengan pesat tidak terlepas dari peran pemerintah yang memanfaatkan dengan baik letak geografis kota ini yang dapat dikatakan strategis karena terletak pada jalur lintasan yang ramai untuk lalu lintas darat, laut dan udara. Oleh karena itu pemerintah kota senantiasa melakukan perbaikan-perbaikan dalam berbagai hal guna menunjang perekonomian masyarakat. Salah satunya adalah dalam hal infrastruktur jalan yang dianggap menjadi arus perekonomian perpindahan barang dari satu tempat ke tempat lain.

                                                                                                                       Doc. Kadus I (Depan Ujang Sukmara)

Memang dapat dikatakan jika terjadi pembangunan maka akan ada dampak yang menyertainya. Dalam pembangunan infrastruktur jalan di kota Sumedang khususnya di Desa Bongkok Kec. Paseh pun memiliki dampak positif yaitu sebagai berikut:
a. Memperlancar arus distribusi barang atau jasa dari Desa Bongkok ke kota
b. Memperlancar kegiatan ekonomi dan menjadikan komunikasi bisnis bisa lebih efektif
c. Aktivitas manusia dari satu daerah ke daerah lain dapat berjalan dengan lebih cepat karena manusia menginginkan waktu yang efektif dan efisien.
d. Memicu pemerataan pembangunan di wilayah Desa Bongkok


Selain dampak positif kita juga dapat mengetahui beberapa dampak negatifnya diantaranya sebagai berikut:
a. Trotoar terkadang menjadi beralih fungsi menjadi tempat untuk berdagang
b. Jalan menjadi macet karena banyak yang parkir sembaranagan untuk membeli jajan di pinggir jalan
c. Adanya persaingan anatara toko besar dan pedagang kecil

                                                                                                                          Doc. Kadus I (Depan Pangkalan Ojeg)


Tidak dapat dipungkiri bahwa pembangunan infrastruktur jalan dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi rakyat. Karena kedua hal tersebut saling berkaitan dan mempengaruhi satu sama lain. Maka dari itu harus difikirkan dengan matang agar dalam pembangunan fasilitas umum di suatu daerah dapat membuat perekonomian rakyat juga ikut berkembang.
Sehubungan dengan penjelasan tersebut di atas, maka peran pemerintah sangat diharapkan dapat melahirkan terobosan baru dalam hal infrastruktur. Beberapa di antaranya yaitu pemerintah perlu mengkaji ulang dasar kebijakan infrastruktur selama ini yang lebih banyak dilaksanakan dengan indikator jumlah penduduk pada satu daerah serta nilai ekonomis dari proyek investasi tersebut. Dampak dari adanya pembangunan yang dinilai negatif dapat diminimalisir dengan cara memperhatikan aspek ekonomi masyarakat kecil dengan cara dibuatkan tempat yang layak untuk berdagang di pinggir jalan tetapi juga hal tersebut tidak menganggu pengguna jalan baik untuk pejalan kaki maupun untuk jalan rayanya.